Firman Soebagyo: Andi Amran Sulaiman Layak Dapat Adipradana

Artikel FS

Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo menilai, Menteri Pertanian 2014-2019 Andi Amran Sulaiman layak mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana. Ini karena kontribusinya membangun sektor pertanian.

“Penghargaab Bintang Mahaputra itu merupakan hak para menteri kabinet. Karena dianggap bisa melaksanakan tugasnya dengan paripurna dan dianggap sudah berhasil,” kata Firman di Jakarta, kemarin.

Bintang ini merupakan tanda kehormatan tertinggi setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia. Untuk memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera, ada tiga syarat khusus yang harus dipenuhi. Pertama, berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa dan negara.

Kedua, pengabdian dan pengor banannya dalam bidang sosial, politik, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan beberapa bidang yang bermanfaat lainnya. Ketiga, darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional.

Dengan klasifikasi tersebut, menurut Firman, ini menunjukkan, Amran telah berhasil dan sukses mengemban tugasnya sebagai Menteri Pertanian. dia bahkan mengaku cukup mengenal baik kinerja Amran. Karena merupakan mitra kerja Amran di Komisi IV pada periode yang sama.

Salah satu kontribusi terbesar amran di sektor pertanian menurutnya adalah mampu membendung impor pertanian di tengah gempuran mafia-mafia komoditi. Sektor pertanian menggeliat dengan adanya mekanisasi pertanian di kalangan petani. “Gerakan mekanisasi pertanian yang diinisiasi oleh Pak Amran ini memang merupakan kebutuhan yang sangat mendasar menuju kedaulatan pangan. Ini yang dicanangkan Pak Jokowi di periode pertama,” kata politisi senior Golkar ini.

RMco

Related Posts